Resep Es Krim Rumahan yang Tidak Murahan.




Resep ini bisa digunakan untuk usaha rumahan lho.











Siapapun pasti kenal dengan minuman beku yang berjudul Es Krim (Ice Cream). Dari anak-anak sampe orang dewasa, bahkan kakek-nenek, hampir dipastikan menjadi penikmat sajian ini.
Sesuai dengan namanya, Es Krim, sajian ini merupakan krim yang bersuhu dingin. Es Krim produksi merek terkenal harganya lumayan menguras kantong lho.  Maklumlah, soalnya bahan baku yang digunakan juga berkualitas baik.
Sementara es krim yang dijual pedagang keliling (biasanya di sebut es tung-tung, karena sambil berjualan pedagangnya membunyikan gong kecil yang berbunyi tung-tung), harganya relatif murah, namun kandungan bahan bakunya kurang terjamin.
Buat teman-teman yang doyan es krim tapi gak pengen kantong bocor plus bisa menikmati es krim dengan bahan baku terjamin, yuk coba bikin sendiri di rumah. Bahan bakunya mudah didapat, murah harganya, dan yang jelas gampang bikinnya.
Oke, ini aku sajikan resep sederhana membuat es krim rumahan.
Untuk 1 resep, bahan yang dibutuhkan cuma 3 sendok tepung maezena, 1 butir telur, 300ml air. 1 sendok teh SP, 1 kaleng SKM, dan air untuk menggojaki kaleng bekas SKM (sekitar 280ml).
Yuk kita mulai bikin es krimnya.
 Pertama, campurkan maezena dengan 300ml air, aduk sampai maezena larut. Terus masukin tuh telur yang cuma sebiji doang. Aduk rata dilarutan maezena tadi. Kemudian adonan ini dimasak sampai mendidih, meletup-letup, dan mengental. Kalau sudah mengental, angkat, dinginkan.
Penampakan adonan yang mulai mengembang.


Setelah adonan maezena dingin, masukkan ke baskom, tambahkan 1 kaleng SKM. Kemudian kaleng bekas SKM itu diisi dengan air matang, penuh. Campurkan air gojakan kaleng susu tadi ke adonan di baskom, terakhir tambahkan SP.
Oke....adonan sudah komplit. Kita mixer yuk...Diawali dengan kecepatan rendah, karena adonan masih mengandung air. Begitu adonan mulai menyatu, gunakan kecepatan tinggi. Mixer sampai adonan bener-bener mengembang.
Tahap selanjutnya, matikan mixer. Adonan yang sudah mengembang tadi masukkan ke freezer selama 3 sampai 4 jam.
Tik...tok...tik....tok... 4 jam berlalu.
Keluarkan adonan dari freezer, dan mixer untuk kedua kalinya. Pada proses mixer kedua ini adonan akan lebih mengembang dan menjadi lebih ringan. And...done.
Setelah dua kali proses mixer, masukkan adonan ke dalam cup.



Tahap akhir, isikan sesendok adonan ke cup yang sudah disediakan. Kalo semua cup sudah terisi, masukkan ke freezer semalaman.
 Dan.....esok paginya teman-teman sudah bisa menikmati es krim buatan sendiri, yang rasanya nikmat, proses pembuatannya bersih, tidak mengandung pengawet dan pemanis buatan tentunya. Yang jelas aman bagi kesehatan, aman juga bagi isi dompet.
Oya....untuk satu resep bisa jadi 50 cup lho. Terus kalau teman-teman ingin varian rasa, bisa menambahkan buah atau essen buah ke dalam adonan.
Untuk adonan yang terdisplay di atas, itu es krim varian coklat. Jadi SKM yang digunakan SKM coklat.
Oke temen-temen....met mencoba ya.


 

Posting Komentar

0 Komentar