Step by step nagasari potong ala "Jabat Snack"


Nagasari, jajanan tradisional berbungkus daun yang dimasak dengan cara dikukus. Jajanan tradisional ini bahan dasarnya sederhana dan mudah didapat. Cara membuatnya juga simpel banget. Namun jangan salah lho...walau berbahan dasar sederhana tapi cita rasanya amboiii... legit, gurih, pokoknya ngangeni.
 Tapi sayang, walau rasanya memikat, penampilan nagasari jauh dari kata menarik. Berbungkus daun pisang yang sudah mengalami proses kukus terkadang membuat warna daun tersebut menjadi kusam, kurang memiliki nilai estetis. Nagasari ibarat gadis desa berwajah manis rupawan namun kurang pintar memadu padan penampilannya.
Nah.....prihatin (waduhh...koq jadi pinjem kosa katanya pepo ya...hehehe) dengan penampilan si gadis desa...eh...si nagasari, diriku mencoba bereksperimen dengan berbagai bentuk dan bungkus, yang nantinya kuharap bisa mengubah penampilan dan menaikkan derajat jajanan tradisional ini.
Coba, coba, dan coba lagi, akhirnya sekitar bulan Maret 2013 aku menemukan "format tampilan" yang memukau untuk si nagasari. Menggunakan daun pisang mentah yang disuir-suir.....irit bo'.
Buat temen-temen yang penasaran dengan tampilan baru si gadis desa yang kurang pinter dandan, oke deh...disimak ya photo-photo berikut. Gak lupa, aku cantumkan juga lho bahan-bahannya.Oke...cekidot bro n sist....

Ini bahan-bahan yang kita butuhkan untuk bikin nagasari; 6 buah pisang kepok kuning yg sudah matang tapi masih keras, 200g tepung beras, 700 cc santan (dari 1/2 butir kelapa, 75g gula pasir, 1/2 sdm garam
6 buah pisang kepok kuning yang sudah matang, tapi pilih yang belum terlalu lembek. Dikukus, kemudian belah dua.
Campur semua bahan, tepung beras, santan, gula, garam. Masak sambil terus diaduk-aduk sampai mendidih dan mengental.
Begini nih penampakan adonan yang sudah mengental. Matikan api kompor, angkat adonan.
Tata setengah adonan dalam loyang ukuran 20x20. Kemudian susun pisang yang sudah dibelah di atas adonan yang telah ditata.
Setelah pisang tertata seperti gambar di atas, tutup dengan setengah adonan yang tersisa.
Nah....penampakannya begini. Kemudian kukus selama 45 menit. Setelah matang biarkan dingin.
Kalo sudah dingin, keluarkan dari loyang.
Potong menjadi tiga bagian

Masing-masing bagian potong menjadi 6 potongan kecil.
Bungkus dengan daun pisang mentah yang sudah di sobek-sobek (sori ya...bahasanya canggih banget nih, kayak bahasa Tukul Arwana) selebar lebih kurang 2 cm.

Ini tekhnik bungkusnya, posisi pisang terbalik biar sambungan daun ada di bagian bawah.

Setelah daun melilit sempurna di tubuh "si gadis desa", kemudian balut dengan plastik OPP ukuran 7x17cm.

Seperti ini.

          
And......this it, nagasari ala "Jabat Snack".

           

Posting Komentar

0 Komentar