Rumah Singgah Pasien : Wujud Nyata Peduli Sesama (Part I)


Temans ... pernahkah mendengar kata Rumah Singgah Pasien?

Jadi ... rumah singgah pasien adalah  sarana persinggahan untuk menampung pasien rujukan dari luar kota yang  sedang menjalani pengobatan  rutin di rumah sakit pusat, khususnya untuk pasien kurang mampu. 

Biasanya pasien yang menetap di rumah singgah,  mereka yang sedang menjalani program terapi radiasi (sinar). Program ini berlangsung setiap hari, dari Senin hingga Jumat. Jadi bisa dibayangkan, sangat tidak mungkin bagi pasien luar kota untuk setiap hari pulang pergi ke rumah sakit. Selain kondisi fisik  yang lemah karena sedang dalam masa pengobatan, juga tentunya menyangkut masalah biaya transportasi.

Bagi pasien yang berasal dari golongan ekonomi mapan, mencari kost-kostan merupakan solusi terbaik. Tapi sebaliknya untuk mereka yang ekonominya pas-pasan, biaya kost dan makan harian bisa menjadi momok yang menakutkan.

Di sinilah rumah singgah pasien mengambil peran aktif. Pasien yang menetap di rumah singgah, mendapat fasilitas kamar gratis, antar jemput ke rumah sakit gratis, serta makan gratis. Jadi, mereka bisa fokus berobat tanpa harus memikirkan biaya kost, transport, makan, dan lain-lain.

Hari Jumat, 20 Januari 2023 kemarin, Alhamdulillah Tim Teras Sedekah berkesempatan mengunjungi dan bersilaturahmi ke Rumah Singgah YKI di Puri Anjasmoro dan Rumah Singgah IZI di Pusponjolo.


Rumah Singgah YKI

Berlokasi di Puri Anjasmoro blok O 1 no.12A-15, rumah singgah di bawah naungan Yayasan Kanker Indonesia Cabang Semarang ini khusus diperuntukkan bagi pasien kanker.

Rumsing YKI  memiliki dua belas kamar dan lima kamar mandi luar. Masing-masing kamar berisi dua tempat tidur single bed untuk pasien dan pendamping. Disediakan juga  nakas untuk menyimpan keperluan pribadi pasien.


Rumsing ini memiliki ruang makan yang dilengkapi dengan satu unit lemari es dua pintu, dispenser air panas dan dingin, magic com, dan satu set meja makan besar. Pasien yang menginap di sini diwajibkan untuk makan di ruang makan, agar kebersihan kamar terjaga dari remah-remah makanan. Berdampingan dengan ruang makan terdapat dapur mungil yang bersih. Pasien bisa membersihkan peralatan makan mereka di wastafel dan menyimpannya di dapur, jadi tidak perlu dibawa ke kamar.


Rumsing juga menyediakan makan malam gratis dari hari Senin hingga Jumat, serta sarapan pagi gratis setiap hari Jumat. 

Sementara untuk kebutuhan makan siang dan sarapan selain hari Jumat, pihak pengelola menyediakan beras. Pasien atau pendamping bisa menggunakan fasilitas ini untuk lebih menghemat pengeluaran, sehingga mereka hanya perlu membeli lauk dan sayur saja.

Selain untuk kebutuhan tinggal dan makan, Rumsing juga menyediakan fasilitas antar jemput gratis ke rumah sakit, dengan menggunakan ambulan. Tapi mobil antar jemput ini hanya beroperasi dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore.


OOO...ya, satu lagi nih info penting yang perlu temen-temen ketahui. Selain khusus untuk penderita kanker, Rumsing YKI juga hanya menerima pasien yang bisa beraktifitas mandiri. Jadi untuk saat ini, pihak pengelola belum bisa menerima pasien dengan keterbatan gerak/harus total berbaring. Hal ini disebabkan terbatasnya tenaga pengelola di Rumsing ini.

Temans ...  pastinya pengen tau juga ya, bagaimana YKI menghidupi rumah singgah dengan fasilitas yang demikian komplit dan sangat memadai. Rumah Singgah YKI mendanai sendiri semua kebutuhannya, dan tentunya juga tak lepas dari support para orang baik bertajuk donatur.

Nah ... temen-temen juga bisa ikut berpartisipasi lho dalam membantu menghidupi rumah singgah YKI. Caranya??? Kalo temen-temen punya sedikit rezeki, bisalah ditransfer ke rekening yang tertera di photo berikut ini. Insyaa Allah titipan rezeki temen-temen akan sangat bermanfaat bagi rumah singgah dan pasien tentunya.


Temans ... mungkin segini dulu ya info tentang Rumsing YKI. Semoga info ini bisa menjadi acuan buat temen-temen saat ada keluarga atau kerabat yang membutuhkan rumah singgah.

Untuk informasi tentang Rumah Singgah IZI nanti kita lanjut di part II. Oke...sehat-sehat buat kita semua ya.


Salatiga, 21012023

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Bagus banget ya program Rumah Singgah ini Mbak sangat membantu pasien dari luar kota yang mau berobat di Semarang semoga nanti bisa ikutan donasi ya

    BalasHapus